KETUA TIM PENGGERAK PKK TANJAB BARAT CICI HALIMAH SAFRIAL SERAHKAN BIBIT TANAMAN DAN MEDIA HIDROPONIK KE TIM PENGGERAK KECAMATAN RENAH MENDALUH

Renah Mendaluh, – Program Halaman Asri  Teratur Indah dan Nyaman atau yang lebih dikenal dengan HATINYA PKK merupakan salah satu program terapan dari 10 program pokok PKK.

Program ini sesungguhnya lebih mengacu pada pengembangan penyediaan pangan keluarga yang memiliki nilai ekonomis sehingga dapat mendukung kesejahteraan keluarga demikian yang disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat Cici Halimah Safrial saat menyerahkan bibit tanaman dan media hidroponik kepada Ketua TP-PKK Kecamatan Renah Mendaluh pada supervisi dan evaluasi Tim Penggerak PKK di Desa Cinta Damai Kecamatan Renah Mendaluh Rabu 25 Januari 2017 lalu Menurut Cici Halimah Safrial ada tiga jenis tanaman yang bisa dikembangkan melalui program HATINYA PKK yaitu tanaman warung hidup tanaman obat keluarga atau TOGA dan tanaman hias.

Dengan kemajuan tekhnologi saat ini yang mensiasati permasalahan yang sering dihadapi saat melaksanakan program HATINYA PKK seperti kondisi lahan yang sempit atau tidak memadai untuk ditanam makan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjab Barat mencoba memberikan solusi yaitu dengan menggunakan metode Hidroponik.

Al Akmar Wakil Ketua Pokja III TP-PKK Tanjab Barat mengatakan Hidroponik secara sederhana merupakan cara budidaya tanaman menggunakan air yang diperkaya oleh berbagai nutrisi. Dengan begitu metode ini dapat mempermudah dalam mengendalikan hama dan pencahayaan. Lebih lanjut Gamal Isbanda Sekretaris Pokja III TP-PKK Tanjab Barat menambahkan hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun selain tidak memerlukan banyak air seperti bercocok tanam dengan cara konvensional. Metode ini juga sama sekali tidak perlu melakukan penyiraman tanaman Hal tersebut juga membuat sayuran yang dihasilkan lebih aman serta sehat.

Untuk itu Tim Penggerak PKK Kab. Tanjab Barat sosialisasikan menanam tanaman dengan metode hidroponik kepada kader pkk yang tentunya bisa diterapkan pada tanaman obat keluarga yang dibentuk oleh dasa wisma yang ada di desa atau kelurahan.

Pada kesempatan tersebut Cici Halimah Safrial beserta seluruh pengurus PKK Kabupaten Tanjab Barat melihat-lihat warung hidup dan kebun TOGA yang dikelola oleh masing-masing dasa wisma di Kecamatan Renah Mendaluh.

Add Comment